Gerund : Ketika Verb Menjadi Noun

Gerund

Hai sobat English learners! Kadang ketika berbicara atau menulis, kita menggunakan kata kerja tidak sebagai kata kerja; dalam diskusi ini kita akan membahas salah satu topik penting grammar Bahasa Inggris, yaitu kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda. Kata kerja berfungsi sebagai kata benda? Maksudnya gimana? Mungkin tanda tanya bermunculan di kepala tapi tetap ikuti pembahasan ini, ya. Sekarang, kita lihat contoh kalimat di bawah ini.

Saya suka berenang.

Di contoh di atas, apakah ada aktivitas yang dilakukan? Tentu saja ada, tapi pertanyaannya, yang mana? Suka atau berenang? Kalimat di atas tentunya tidak menjelaskan bahwa saya (subjek) melakukan berenang, jadi aktivitas yang dilakukan adalah suka.

Apa itu gerund?

Nah, lalu berenang ini apa? Jelas dari jenisnya dia adalah kata kerja, tapi di kalimat di atas, fungsinya bukan sebagai kata kerja, melainkan kata benda. Di Bahasa Inggris, kita kenal bentuk seperti ini sebagai gerund (dibaca /jé-rend/, bukan /je-rand/). Coba kita lihat contoh di bawah ini.

Writing is my hobby.”

Sudah bisa menebak gerund-nya yang mana? Ya, benar sekali. Writing adalah gerund. Di dalam grammar Bahasa Inggris, gerund selalu mengambil bentuk verb-ing, berbeda dengan Bahasa Indonesia yang gerund-nya tidak punya penanda khusus.

Kenapa gerund penting?

Sebagai bagian dari grammar Bahasa Inggris, penting sekali untuk kita mengetahui gerund supaya kita tahu bahwa itu bukan verb kalimat. Dalam kalimat “swimming makes me happy”, verb kalimat itu adalah to make, bukan to swim. Di sini swim (menjadi swimming) adalah subjek yang membuat (makes) saya (me) senang (happy).

Gerund tidak hanya berposisi sebagai subjek sebagaimana contoh di atas. Di contoh “I like swimming”, gerund berposisi sebagai objek. Ini tentu masuk akal, mengingat gerund berfungsi sebagai noun dan noun di kalimat posisinya adalah subjek dan objek.

Sebagai latihan, coba teman-teman buat kalimat dengan gerund. Kalau ada pertanyaan, jangan lupa tulis di comment section di bawah ini.

Richard Ariefiandy

Advertisements

Would Love To Hear From You

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s