Uncountable Noun (Seri Noun)

Uncountable Noun

Hola! Kita bertemu lagi di postingan baru. Kali ini kita akan membahas topik uncountable noun. Dalam postingan sebelumnya, kita sudah membahas perbedaan countable dan uncountable nouns secara singkat. Kali ini kita akan membahas sedikit lebih dalam tentang apa itu uncountable noun dan apa konsekuensinya (bagaimana menggunakannya) dalam Bahasa Inggris.

Apa itu uncountable noun?

Masih ingat apa itu uncountable noun? Kita ulas sedikit, ya. Banyak orang mengatakan bahwa uncountable noun adalah benda yang tidak bisa dihitung. Tentunya ini tidak sepenuhnya benar, ya, sebagaimana sudah di bahas di sini. Uncountable noun tentu saja bisa dihitung, tetapi kita harus memakai classifier, seperti a glass of atau a kg of.

Benda apa saja yang termasuk uncountable noun? Dalam postingan sebelumnya, kita tahu bahwa material (substansi) termasuk ke dalam kategori noun ini. Jadi, air (udara), water (air), wood (kayu), dan sebagainya termasuk uncountable noun. Apakah itu saja? Tentu tidak. Hal-hal abstrak juga termasuk ke dalam uncountable noun, contohnya: love, advice, information, money, research.

Konsekuensi 1 – Tanpa artikel a/an

Konsekuensi pertama dari uncountable noun adalah kita tidak boleh meletakkan artikel a/an yang kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesian kira-kira berarti ‘sebuah’. Kalau mau meletakkan a/an, kita harus meletakkannya di depan classifier. Contohnya sebagai berikut:

I have an information. x
I have information.
I have a piece of information.

 

Konsekuensi 2 – Tanpa bentuk plural

Konsekuensi kedua ini merupakan konsekuensi logis dari konsekuensi pertama. Karena uncountable noun tidak bisa memakai artikel a/an, maka dia tidak boleh dibuat plural. Dengan demikian, secara otomatis benda/hal yang memakai artikel a/an bisa dibuat plural. Kalau mau membuat plural, kita harus membuat plural classifiernya.

I drank waters. x
I drank water.
I drank two glasses of water.

 

Konsekuensi 3 – Diikuti Singular Verb

Nah lho. Apa pula ini? Jadi begini teman-teman, karena uncountable noun tidak memakai artikel a/an dan tidak memakai bentuk plural, secara otomatis benda/hal yang tergolong uncountable dianggap singular (tunggal). Dengan demikian, kalau dia berfungsi sebagai subjek, maka harus diikuti singular verb.

Apa itu singular verb? Verb yang diikuti oleh he/she/it untuk simple present tense pasti memakai –es/-s, bukan? Nah, itulah singular verb (termasuk juga is). Lihat contoh di bawah ini.

Love needs money. (kita pakai needs, bukan need)

Water is important for us. (kita pakai is, bukan are)

Konsekuensi 4 – Bagaimana kalau pakai some/any/a lot of?

Quantifier some/any/a lot of bisa dipakai baik untuk countable maupun uncountable noun, tapi ingat konsekuensi kedua; tidak boleh pakai bentuk plural. Lihat contoh di bawah ini.

I will give you some advice.

I haven’t given anyone any information about the project.

He has a lot of money to spend.

Konsekuensi 5 – Quantifier khusus uncountable noun

Kalau some/any/a lot of bisa dipakai oleh countable dan uncountable noun, beberapa quantifier/kata di bawah ini hanya bisa dipakai oleh uncountable noun.

A little/little = I need a little money. (bukan a few/few)

Much = You put too much coffee in it. (bukan many)

Amount = I can see a small amount of snow outside. (bukan number)

Advertisements

One thought on “Uncountable Noun (Seri Noun)

Would Love To Hear From You

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s