Present Continuous Tense (Seri Tense)

Present Continuous Tense

Hai sobat pembaca! Kini kita akan membahas tentang Present Continuous Tense. Kenapa tense ini penting? Tense ini merupakan salah satu tense yang sering dipakai. Fungsi utamanya adalah menceritakan aktivitas yang sedang dilakukan (ongoing activitiy), aktivitas sementara (temporary action) yang terjadi saat si pembicara sedang bicara.

Kalau teman-teman belum lihat artikel tentang cara membuat kalimat di Bahasa Inggris dan simple present tense, mungkin ada baiknya kalau dilihat dulu. Oya, kita tidak akan membahas Past Continuous Tense karena ada aspek yang khusus yang membedakannya dengan Present Continuous Tense. Kalau mau tahu aspek apa itu, ikuti terus postingan ini.

Pola Present Continuous Tense

Bagaimana membentuk kalimat dengan pola ini? Mudah saja. Di postingan sebelumnya kita tahu bahwa kita tidak bisa membentuk kalimat tanpa subjek dan verb (yang dimaksud verb ini adalah verb 1 dan verb 2; verb sejati), dan kalau tidak ada verb sejati (adjective, noun, lokasi, verb-ing, verb 3), maka verbnya diganti dengan to be (verb semu? :D).

Seperti dua posts sebelumnya (tentang cara membuat kalimat di Bahasa Inggris dan tentang simple present tense), subjek dan verb harus selalu kompak (istilah kerennya Subject-Verb Agreement). Kita lihat contoh berikut:

He is cleaning his room. (dia sedang membersihkan kamarnya)

Pada contoh di atas, subjeknya adalah he, kata ganti ORANG KETIGA TUNGGAL. Kata ganti ini (he dan she) harus selalu diikuti oleh is. Lain halnya dengan contoh di bawah:

I am watching a match between France and Hungary. (saya sedang menonton pertandingan Perancis lawan Hungaria)

Karena menggunakan kata ganti ORANG PERTAMA TUNGGAL (atau I), kita harus memakai am. Dan sisanya (you, they, we) diikuti oleh are. Mudah bukan?

Belajar dari kesalahan

Seharusnya mudah, tetapi masih banyak yang ketika bicara entah mereka ketinggalan TO BE (harusnya bilang they are eating, jadi bilang they eating) atau ketinggalan –ing (menjadi they are eat), yang mana membuat orang malah jadi bingung apakah mau bicara tentang kejadian yang SEDANG berlangsung (present continuous), atau mau bicara tentang rutinitas (simple present). Kesalahan lain yang terkait ini adalah memakai present continuous dengan tepat tetapi konteksnya keliru (misalnya mau bercerita tentang rutinitas, tetapi malah memakai present continuous tense).

Dalam Bahasa Inggris, konteks waktu sangat penting. Dari situ kita bisa mengerti apakah kejadiannya terjadi di masa lampau, atau di masa kini; apakah sudah direncanakan atau baru terlintas di pikiran; apakah pernah terjadi atau belum sama sekali. Karena mengandung tense, jika orang bicara dengan tense yang keliru, keseluruhan konteks percakapan bisa jadi kacau. Berbeda dengan Bahasa Indonesia, misalnya, di mana kita tahu di Bahasa Indonesia tidak ada bedanya antara simple past dengan simple present, jadi kita sudah membangun konteks di awal atau dengan bantuan kata-kata penunjuk waktu (kemarin, sekarang, dua tahun yang lalu, bulan ini, dll).

Fungsi lain?

Present Continuous Tense punya fungsi lain, selain untuk menceritakan kejadian yang SEDANG berlangsung. Satu fungsi terkait dengan Future Tense (akan dibahas nanti) sedangkan satu lagi adalah fungsi yang tidak terlalu sering ditemukan, mengeluhkan kelakuan seseorang/sesuatu. Coba lihat contoh di bawah ini:

She is always asking personal questions. (Dia selalu menanyakan pertanyaan pribadi)

Perhatikan bahwa di contoh di atas, penutur mengucapkan hal di atas karena jengkel dengan kelakuan she yang selalu bertanya tentang hal-hal pribadi. Untuk fungsi ini, Present Continuous Tense harus memakai always di antara to be dengan verb-ing.

Advertisements

Would Love To Hear From You

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s