Kenapa Sering Salah Membuat Kalimat di Bahasa Inggris?

Masih salah membuat kalimat Bahasa Inggris_

Hai sobat English learners! Sering mengalami kesulitan ketika membuat kalimat Bahasa Inggris? Sering dikoreksi ketika membuat tulisan di Bahasa Inggris? Terlepas dari tenses yang keliru pemakaiannya, seringkali kesalahan pembelajar Bahasa Inggris terletak pada ketidaklengkapan kalimat. Dengan kata lain, ada bagian esensial dari kalimatnya yang seharusnya ada tetapi tidak ditulis.

Pentingnya Subjek

Coba perhatikan kalimat di bawah ini;

Mau makan apa? (What do you want to eat?)

Bisa bicara Bahasa Indonesia? (Can you speak Indonesian?)

Sudah melihat beda antara kalimat Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggrisnya?

Tepat sekali. Di kalimat Bahasa Indonesia subjek kalimat tidak ada. Di bahasa-bahasa Asia, selama konteksnya sudah terbangun, subjek kalimat tidak penting. Nah, sayangnya, di Bahasa Inggris ini tidak bisa terjadi. Semua kalimat di Bahasa Inggris harus terdiri minimal dari Subjek dan Verb (Verb present/Verb 1 dan Verb past/Verb 2).

Dari dua contoh di atas, karena kita bicara langsung dengan “Anda/kamu”, secara logis dalam Bahasa Indonesia lisan (spoken) kita tidak perlu lagi mengatakan “you”, tetapi di Bahasa Inggris kalimatnya akan terasa aneh kalau subjeknya hilang.

Verb Harus Selalu Ada

Coba perhatikan contoh di bawah ini

Haryo suka cokelat.

Dia sedih karena harus pergi.

Menerjemahkan kalimat pertama mudah sekali. Kita punya “Haryo” sebagai subjek, dan kita juga punya “suka” sebagai verb (kata kerja).

Haryo likes chocolate.

Menerjemahkan kalimat kedua sedikit berbeda, masalahnya karena di kalimat kedua tidak ada verb. “Sedih” adalah adjective (kata sifat). Dari judul di atas, kita tahu bahwa verb di Bahasa Inggris harus selalu ada. Bagaimana kita menjembatani antara kalimat tanpa kata kerja dengan aturan ini?

Mudah saja. Kita punya yang namanya TO BE. Dengan demikian, kalimat kedua diterjemahkan sebagai

He is sad because he has to go. (sebelum kata “harus” harus ada subjek, dan “he” merupakan subjek yang masuk akal karena di Bahasa Indonesia kita menghilangkan subjek kedua kalau subjek pertama dan kedua sama).

Catatan: Kadang di Bahasa Indonesia kita bilang “mau ke mana?” Tentu saja dari dua pembahasan di atas kita tahu bahwa harus ada subjek (subjeknya “you”) dan verb. Yang jadi masalah, verbnya bukan hanya “want”. Kenapa? Verb “want” harusnya diikuti objek (benda), tetapi di contoh tadi diikuti oleh “ke mana”, dan “ke mana” selalu mengandung kata “pergi”; kalimat lengkapnya menjadi “Anda mau pergi ke mana?” yang diterjemahkan sebagai “Where do you want to go?

Verb Tidak Boleh Bertemu To Be

Karena fungsinya yang sama di kalimat, verb dan TO BE tidak boleh muncul bergandengan begitu saja di dalam sebuah kalimat. Verb yang dimaksud adalah Verb 1 (present) dan Verb 2 (past). Contohnya

I am go to the hotel.

Kalimat ini jelas salah karena TO BE “am” bertemu dengan verb “go”.

Impersonal “it”

Kadang-kadang di kalimat Bahasa Indonesia, sebuah kalimat memang tidak mengandung subjek sama sekali, dan ini bukan kalimat yang keliru atau kalimat informal. Contohnya

Sulit sekali untuk saya tidak bicara dengan dia.

Tentunya “sulit” tidak bisa menjadi subjek, tetapi kita tahu bahwa semua kalimat Bahasa Inggris harus ada subjeknya. Lalu bagaimana?

Di sinilah letak pentingnya subjek jadi-jadian yang bernama ‘impersonal it’. Subjek ini berfungsi untuk melengkapi kalimat-kalimat yang memang subjeknya tidak ada. Kalimat di atas akan diterjemahkan sebagai

It is difficult for me not to speak with her.

Contoh-contoh kalimat lainnya dengan ‘impersonal it’ antara lain

It isn’t too late to say sorry.

It rained yesterday.

It was cold last month.

Latihan

Coba cek kesalahan kalimat-kalimat di bawah ini dan betulkan

1. So sad that I couldn’t meet him last week.

2. My father is agree with you.

3. Will be in Jogja tomorrow?

4. They happy to be at school.

Richard Ariefiandy

Advertisements

Would Love To Hear From You

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s