Di mana atau dimana?

Masalah Ketika Memakai di

Pernah melihat tulisan ”di larang buang sampah disini”? Merasa ada yang salah? Sebagian dari kita pasti pernah melihat atau melakukan ini. Mengalami kebingungan atau kesulitan apakah harus menulis “di” menjadi satu kata atau terpisah. Tentunya ini bisa dimaklumi karena dalam bahasa lisan kita tidak membedakan pengucapan “di larang” dan “dilarang”. Untuk kita itu semua terdengar sama, bukan?

Meskipun demikian, tidak berarti kita harus membiarkannya, apalagi tulisan kita menunjukkan seberapa berpendidikannya kita. Terlebih lagi kalau kita adalah akademisi yang harus banyak menulis artikel, jurnal, paper, ataupun tesis di Bahasa Indonesia.

Bagaimana kita bisa memutuskan apakah ‘di’ harus dipisah atau disatukan? Mudah saja. Tentukan apakah kita mau menulis ‘di’ sebagai imbuhan untuk kata kerja pasif atau sebagai kata depan.

Kata kerja pasif adalah kata kerja dengan objek di depan, seperti “kue ini dimakan oleh dia”. Kata “dimakan” adalah kata kerja pasif. Adapun kata depan adalah kata yang dipakai untuk menunjukkan lokasi. Contohnya, ‘di depan’, ‘di sana’, ‘di rumah’.

Mudah bukan?

Kalau kita lihat lagi, ‘di’ yang dipakai sebagai imbuhan pasti diikuti kata kerja dan fungsinya membentuk kata kerja pasif. Untuk kasus ini, ‘di’ harus disatukan penulisannya. Sementara itu, ‘di’ yang dipakai sebagai kata depan biasanya diikuti kata benda atau posisi/lokasi. Nah, untuk yang ini, ‘di’ harus dipisah penulisannya.

Sekali lagi…

‘Seperti yang ditunjukkan di grafik di bawah ini, penjualan diperkirakan akan meningkat tajam di kuartal kedua tahun ini.’

Kalau artikel ini membantu, memberi “pencerahan”, atau mungkin sekedar mengingatkan yang sudah teman-teman ketahui, silakan share atau beri komentar ^^

 

-Richard Ariefiandy-

Advertisements

One thought on “Di mana atau dimana?

Would Love To Hear From You

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s