The Battle for Amnok River

Bahasa Inggris punya beberapa macam versi, mengingat dia banyak tersebar saat masa kolonialisme. Ada versi Amerika, versi asli British, versi Australia, Afsel, dan sebagainya. Meskipun pada dasarnya sama, tapi perbedaan-perbedaan yang ada dan dibakukan di masing-masing negara seringkali menimbulkan permasalahan. Setidaknya permasalahan dalam pengejaan berakibat pada perselisihan saat bermain scrabble. Nggak penting banget ya…

Hal serupa terjadi pada bahasa yang sama namun digunakan oleh 2 negara berbeda. Misalnya bahasa Korea yang menjadi lingua franca buat Korut dan Korsel. Serupa tapi tak sama. Kadang tulisan beda tapi bunyi sama, kayak 넓 다 (n-eo-lp-d-a), tulisannya gitu, tapi orang korut akan lebih memilih baca n-eo-p-d-a karena gabungan huruf ㄹ dan ㅂ yang dijadiin ㄼ, menurut korut dibaca “p” sedangkan korsel akan lebih membaca n-eo-l-d-a karena gabungan huruf ㄹ dan ㅂ yang dijadiin ㄼ, menurut korsel dibaca “l”. Hal serupa juga untuk sebuah sungai bernama sungai Amnok (korsel). Sungai Amnok aslinya tertulis: 압 록 강. Menurut korut, pertemuan ㅂ (b) dengan ㄹ (r) harus dibaca menjadi m-r, sehingga berbunyi A-m-r-o-k k-a-ng, sedangkan korsel memandang bunyi akan lebih harmonis juga kedua huruf tersebut dibaca m-n, sehingga berbunyi A-m-n-o-k k-a-ng.

Bahasa korea (mungkin yang versi terbakukan kali ya) merupakan bahasa yang memandang pertemuan antar huruf seharusnya diharmonisasikan. Banyak pemula yang kesulitan dan memandang, kenapa Annyeonghashipnikka harus dibaca Annyeonghashimnikka. Kenapa “Meg Ryan” berubah menjadi “M-e-ng R-a-i-eo-n”? Oh… jangan lupa, dalam bahasa Thai, Korea, atau Jepang, huruf L dan R bagi mereka tidak tampak berbeda, karena dalam bahasa mereka memang tidak ngaruh gitu loh.

Advertisements

Would Love To Hear From You

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s